INTENSITAS HUJAN TINGGI SEBABKAN TALUD LONGSOR

GEDONGKIWO (29/4/22) Talud di aliran irigasi Tanjung Kiri, RT 69 RW 14 kampung Dukuh Kelurahan Gedongkiwo terjadi longsor pada tanggal Pada hari Selasa tanggal 26 April 2022 jam 16.00 WIB. Kerusakan yang ditimbulkan menghancurkan 1 dapur dan beserta beberapa peralatan dapur, serta mengancam satu rumah. Kronologis kejadian sekitar pukul 14.00 terjadi hujan deras di wilayah kota Yogyakarta satu jam kemudian meningkatnya aliran irigasi Tanjung kiri sehingga meluap di saluran pembuangan yang menuju Sungai Winongo, setelah satu jam terjadi longsor di tempat tersebut.

Setelah dilaporkan melalui saluran WA Ke PUPKP dan BPBD Kota Yogyakarta kemudian disusul surat laporan dari Kelurahan Gedongkiwo. Kemudian Lurah bersama Babhinkamtibmas, Babinsa dan KSB serta diikuti staf PUPKP Kota Yogyakarta meninjau lokasi kejadian. Dari pengamatan lokasi maka dibutuhkan segera berupa terpal dan bantuan peralatan dapur.

Tanggal 27 bantuan peralatan dapur dari KSB kelurahan Gedongkiwo diserahkan kepada korban melalui ketua RT 69 RW 14 Kelurahan Gedongkiwo, juga diserahkan 2 buah terpal dari BPBD Kota Yogyakarta.

Untuk pembangunan talud kembali menunggu hasil kajian dari Dinas PUPK Kota Yogyakarta. Kepada warga di sepanjang sungai Winongo BpĀ Lurah meminta untuk mewaspadai tanggul sungai jika ada kerusakan segera dilaporkan untuk mengantisipasi kejadian yang lebih parah.