Pelatihan Penanganan Disabilitas dalam Keluarga Tahun 2023

GEDONGKIWO (13/10/2023) - Hari Jumat, 13 Oktober 2023, Kelurahan Gedongkiwo menggelar Pelatihan Penanganan Disabilitas dalam Keluarga yang bertempat di Aula Kelurahan Gedongkiwo. Sasaran dalam kegiatan ini yaitu para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan anggota PSM Kelurahan Gedongkiwo. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini antara lain untuk memberikan motivasi dan edukasi kepada keluarga dalam mengurus anggota keluarganya yang memiliki disabilitas.

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya.

Anak berkebutuhan khusus mempunyai hak yang sama dengan anak lain dan dapat hidup mandiri, berprestasi sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki. Untuk itu, orangtua, keluarga, dan masyarakat wajib bertanggungjawab memenuhi hak-hak anak dalam segala aspek kehidupan, seperti bersosialisasi di lingkungan, berekreasi, dan berkegiatan lain yang bertujuan memperkenalkan anak berkebutuhan khusus dengan kehidupan di luar rumah. Oleh karena itu orangtua, keluarga, dan masyarakat perlu mempunyai keterampilan dalam merawat dan mengasuh anak yang berkebutuhan khusus melalui pelatihan-pelatihan.

Dalam kegiatan ini menghadirkan Bapak Moh, Sofwan, S.IP (TKSK Kota Yogyakarta), Ibu Suhimah (TKSK Kemantren Mantrijeron), dan Bapak R. Agung Supriatmojo, S.H. (LPMK Kelurahan Gedongkiwo) sebagai instruktur dalam pelatihan tersebut.