Gelar Potensi Budaya dan UMKM Kelurahan Gedongkiwo: Greget Budayane Ubet Usahane

GEDONGKIWO (19/11/2023) - Kelurahan Gedongkiwo menggelar Kegiatan Gelar Potensi Budaya dan UMKM ini mengusung tema "Greget Budayane Ubet Usahane". Gelar Potensi yang dilaksanakan barupa pentas seni budaya dan pameran produk unggulan UMKM dari 18 RW yang ada di wilayah Kelurahan Gedongkiwo. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan keragaman potensi di Kelurahan Gedongkiwo dalam wadah ekspresi yang kreatif dan inovatif dengan tidak mengubah nilai-nilai esensialnya sebagai sarana pembinaan untuk mempromosikan Kelurahan Budaya.

Kegiatan Gelar Potensi Budaya dan UMKM dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 18 - 19 Desember 2023. Selama dua hari, 18 RW yang ada di Kelurahan Gedongkiwo telah menampilkan pentas seni budaya dan mendirikan stand-stand UMKM yang dapat disaksikan dan dikunjungi.

Acara dibuka dengan iring - iringan kirab Bregada Niti Manggala yang berjalan dari Kantor POS Jl. Prapanca menuju panggung Gelar Potensi Budaya dan UMKM yang berada kurang lebih 100 meter ke arah barat. Kemudian setelahnya dilanjutkan sambutan dan pembukaan acara secara resmi oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron Bpk Affrio Sunarno, S.Sos. yang dilakukan secara simbolis dengan pemukulan kenong.

Dalam sambutannya, Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Bpk Affrio Sunarno, S.Sos.mengungkapkan rasa bangga kepada masyarakat Kelurahan Gedongkiwo karena menyambut program - program pengembangan kebudayaan dengan semangat dan antusias. Beliau juga berharap kegiatan ini dapat dilakukan rutin setiap tahunnya dalam rangka melestarikan budaya serta mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas UMKM di wilayah Kelurahan Gedongkiwo.

Rangkaian acara pada hari pertama yang selanjutnya yaitu berupa lomba senam kreasi, penampilan karawitan, panembrama, Tarian Threenel Group, paduan suaran TP PKK Kelurahan Gedongkiwo, Dinda Band, lomba karaoke, lomba ngadi busana jawa, Teater Kalepo, dan Cover Plus Band.

  

  

  

  

  

Kemudian di hari kedua, acara dilanjutkan dengan senam massal lansia, gelar dolanan anak, lomba menggambar & mewarnai, pentas PAUD-TK-SD, hadroh, pentas kampung menari, jemblung, dan kethoprak ringkes.