Konseling Minat dan Bakat Diri Guna Mengetahui Potensi Diri Pemuda Kelurahan Gedongkiwo

GEDONGKIWO (10/06/2024) - Kelurahan Gedongkiwo menyelenggarakan kegiatan Konseling Potensi Minat dan Bakat Diri Pemuda pada Hari Minggu, 09 Juni 2024. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB di Aula kelurahan Gedongkiwo dengan sasaran para pemuda yang ada di wilayah Kelurahan Gedongkiwo.

Lurah Gedongkiwo Bapak Sunu Sari Husada, SIP dalam sabutannya menuturkan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui bakat dan minat pada diri masing-masing pemuda di Kelurahan Gedongkiwo. Setelah mengetahui bakat dan minatnya masing-masing maka diharapkan para pemuda akan semakin giat menggali dan meningkatkan potensi dirinya sehingga akan menambah value.

Pemaparan materi pertama oleh Sdr Dita Shofatul H dari Yayasan SOS KINDERDORF yang memberikan materi tentang pengertian minat dan bakat, kiat-kiat dalam mengenali bakat, tanya jawab seputar bakat dan minat, dan dilanjutkan dengan olahraga untuk pembangunan (sport development) dan permainan berkelompok yang bertempat di halaman utara kantor Kelurahan Gedongkiwo.

Pemaparan materi kedua oleh Sdr Ayodya Narutama dari Biro Psikologi CMT yang diisi dengan kegiatan konseling untuk mengetahui minat dan bakat para pemuda. Dalam sesi ini para peserta kegiatan bebas berkonsultasi mengenai hal apa saja yang berkaitan dengan dirinya masing-masing.

Mengetahui minat bakat dan potensi diri merupakan sebuah keniscayaan bagi setiap anak. Maka dari itu, penting untuk memahami bagaimana caranya untuk mengetahui minat bakat serta potensi diri sediri. Dengan begitu, kita bisa sesegera mungkin menemukan dan mengembangkan talenta atau potensi bakat yang kita miliki.

Jika kamu melakukan suatu hal sesuai dengan minat bakat dan potensi diri yang dimiliki pasti akan menjalaninya dengan baik. Sebaliknya jika melakukan sesuatu yang tidak sesuai minat bakat dan potensi diri maka menjalaninya dengan penuh keterpaksaan sehingga hasilnya kurang maksimal.