Muskel DTKS Kelurahan Gedongkiwo

GEDONGKIWO (28/08/2024) - Rabu, 28 Agustus 2024 Kelurahan Gedongkiwo menggelar kegiatan Musyawarah Kelurahan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Tahun 2024. Muskel DTKS ini dipimpin oleh Lurah Gedongkiwo, Sunu Sari Husada, SIP dan turut mengundang 18 Ketua RW se-Kelurahan Gedongkiwo, Ketua LPMK, PSM dan TKSK Kemantren Mantrijeron.

Dalam sambutannya Lurah Gedongkiwo menyampaikan bahwa DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang merupakan sebuah data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

Kedepannya data penerima KMS (Kartu Menuju Sejahtera) akan diambilkan datanya dari DTKS. KMS (Kartu Menuju Sejahtera) sendiri adalah identitas bahwa keluarga dan anggota keluarga yang tercantum di dalamnya merupakan keluarga dan penduduk sasaran jaminan perlindungan sosial di Kota Yogyakarta. Diharapkan RT/RW benar-benar mengusulkan data DTKS ini dengan akurat sesuai dengan yang sebenarnya sehingga penerimanya tepat sasaran.

Output yang diharapkan dari kegiatan Muskel DTKS ini adalah Form Pertanyaan Muskel yang ditandatangani dan distempel Ketua RT bagi KK yang akan diusulkan DTKS yang disertai dengan Fotocopy KK/C1. Selain itu, KK yang akan diusulkan DTKS selain mengumpulkan Form Pertanyaan Muskel beserta lampiran juga wajib mengisi Google Form yang tersedia dan mengunggah/mengupload Foto KTP/Foto KK bagi yang tidak punya KTP per NIK, dan Foto Rumah per-NIK yang ada di KK. Sehingga, Usulan DTKS yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Verval DTKS adalah Usulan DTKS yang telah melengkapi persyaratan yang ada.