Kelurahan Gedongkiwo Ikuti Lomba Kelurahan Rukun Beragama Kota Yogyakarta Tahun 2024

GEDONGKIWO (03/09/2024) - Forum Kerukunan Umat Beragama Kelurahan Gedongkiwo turut berpartisipasi dalam Lomba Kelurahan Rukun Beragama Kota Yogyakarta "Menguntai Semangat Kerukunan dalam Bingkai Kebhinekaan" yang diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Yogyakarta pada Selasa, 03 September 2024 bertempat di Hotel Royal Darmo Malioboro. Dalam kegiatan tersebut, FKUB Kelurahan Gedongkiwo mendelegasikan 3 orang pemapar materi (didampingi Lurah Gedongkiwo) yang menyampaikan tentang kondisi kerukunan umat bergama yang ada di wilayah Kelurahan Gedongkiwo.

Dalam paparan yang disampaikan diantaranya kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di Kelurahan Gedongkiwo yang pelaksanaannya melibatkan banyak warga masyarakat tanpa memandang perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA). Jika ada sebagian masyarakat yang sedang melaksanakan perayaan hari besar agamanya, maka masyarakat yang lain saling bergotong royong ikut mensukseskan acara tersebut dengan membatu persiapannya. Begitu pula kegiatan-kegiatan kebudayaan seperti Merti Winongo, Apeman, Syawalan, Jemparingan, Gelar Potensi Seni Budaya & UMKM,  serta Peringatan Hari Besar Nasional lainnya yang diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat tanpa melihat perbedaan agama.

Disampaikan pula jumlah penduduk berdasarkan agama dan juga jumlah tempat ibadah yang ada di Kelurahan Gedongkiwo, baik untuk yang beragama Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Buddha, Konghucu dan Penganut Kepercayaan. Meskipun merupakan kelurahan yang memiliki warga dengan berbagai keyakinan yang dianut, patut disyukuri bahwa selama ini belum pernah terjadi gesekan yang serius di masyarakat akibat adanya perbedaan ini. Apabila terjadi gesekan pun dapat diselesaikan dengan baik tanpa konflik yang berkepanjangan. Kehidupan bermasyarakat di Kelurahan Gedongkiwo senantiasa rukun, tenteram dan harmonis.

Pada kegiatan tersebut terdapat perwakilan dari 13 kelurahan dari 15 kelurahan seharusnya yang memaparkan kondisi kerukunan umat beragama di wilayahnya masing-masing. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan yang berarti. Unruk pengumuman pemenang akan disampaikan pada hari Kamis, 5 September 2024 bertempat di Auditorium Universitas Duta Wacana.