Pelatihan Pertanian Perkotaan Kampung Suryowijayan

GEDONGKIWO (18/09/2024) - Pelatihan Pertanian Perkotaan merupakan salah satu langkah strategis untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau, sejuk dan menjadi salah satu solusi inovatif untuk mengatasi masalah ketahanan pangan, lingkungan, dan sosial di tengah pertumbuhan Kota Yogyakarta yang lebih pesat, khusunya di Kelurahan Gedongkiwo.

Pelatihan Pertanian Perkotaan Kampung Suryowijayan adalah salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh Kelurahan Gedongkiwo di tahun 2024 ini dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada masyarakat dalam memanfaatkan ruang-ruang yang ada untuk kegiatan pertanian, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan. Sasaran difokuskan untuk area bantaran sungai yang berada di wilayah RW 01, 02 dan 06 dengan topik  yang diangkat adalah pengembangan tanaman sayuran dengan harapan dapat meningkatkan ketahanan pangan melalui pemanfaatan pekarangan dan lahan kosong.

Pelatihan Pertanian Perkotaan Kampung Suryowijayan ini dibuka oleh Lurah Gedongkiwo, Bapak Sunu Sari Husada, SIP. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi pertama oleh narasumber Bapak Arif Umami, S.Si.,M.Sc dari UPN Veteran Yogyakarta yang menyampaikan materi tentang strategi pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ketahanan pangan melalui pertanian perkotaan. Materi kedua disampaikan oleh Ibu Dra. Sat Yuniarti Setyaningsih selaku Penggiat Kelompok Tani Surya Makmur tentang  teknis budidaya tanaman sayuran secara umum.

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan praktik langsung penanaman sayuran dengan menggunakan galon air mineral bekas.